Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Permintaan Pilot Sukhoi Selama Penerbangan

Kompas.com - 12/05/2012, 22:04 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com -- Selama di bawah pengawasan petugas pemandu pesawat pada ketinggian 10.000 kaki di menara kontrol Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Aleksandr Yablontsev berkebangsaan Rusia, pilot pesawat Sukhoi Superjet 100 mengajukan dua permintaan izin.

Pertama, menurunkan posisi pesawat dari ketinggian 10.000 kaki ke 6.000 kaki. Kedua, melakukan manuver orbit (memutar) ke kanan. "Permintaan itu diajukan dan disetujui petugas pemantau dari menara kontrol, karena posisi pesawat berada di kawasan aman untuk manuver, di atas Atang Sanjaya," kata Deputy Senior General Manager PT Angkasa Pura Cabang Bandara Soekarno-Hatta Mulya Abdi kepada Kompas, Sabtu (12/5/2012).

Menurut Mulya, sebagai lokasi pelatihan pesawat kawasan seluas 7 mil tersebut bebas dari gunung dan perbukitan. "Kawasan Atang Sanjaya ini steril dari gunung dan perbukitan. Di kawasan ini, pesawat bebas melakukan manuver apa saja. Bukan hanya pada ketinggian 6.000 kaki. Akan tetapi, pesawat latih dari instansi khusus juga melakukan landing (pendaratan) dan take off (lepas landas) di area ini," tutur Mulya.

Menurut Mulya, selain meminta turun dari ketinggian 10.000 kaki ke 6.000 kaki, petugas juga memenuhi permintaan pilot melakukan orbit kanan. Setelah menyetujui permintaan pilot melakukan orbit ke kanan, kata Mulya, tak lama berselang kontak dengan pesawat itu hilang.

"Berapa lama selisih waktu itu, kami belum mengetahui secara pasti," jelas Mulya.

Sementara posisi lokasi kecelakaan berada di sisi selatan dari kawasan Atang Sanjaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com