Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Ketujuh Diberangkatkan

Kompas.com - 13/05/2012, 08:55 WIB
Herlambang Jaluardi

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Tim ketujuh atau Tim G misi pencarian dan evakuasi kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 telah diberangkatkan sekitar pukul 08.00, Minggu (13/5/2012) ,dari Posko Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tim itu beranggotakan 64 personel TNI/Polri, dan 28 warga sipil yang terdiri dari relawan SAR, mahasiswa, pramuka, dan wartawan. Dua wartawan Harian Kompas, Ambrosius Harto dan Heru Sri Kumoro, juga tergabung di dalamnya.

"Seperti tim sebelumnya, tim ini bertugas untuk mencari dan mengumpulkan korban kecelakaan serta material pesawat," kata Kepala Seksi Operasi tim Letnan Kolonel Fajar Nugraha.

Menurut Fajar, reruntuhan pesawat serta jenazah korban di bagian atas tebing sudah sebagian besar terangkut. Oleh karena itu, lanjut Fajar, tim akan lebih banyak beroperasi di bagian bawah jurang sehingga membutuhkan personel berkeahlian khusus, seperti keahlian memanjat tebing dan tali-temali.

"Relawan dan TNI/Polri yang terdaftar sudah hampir 2.000 orang. Untuk sementara, jumlah itu tidak perlu ditambah. Anggota tim yang sudah turun dipersilakan istirahat selama dua sampai tiga hari. Jika diperlukan, bisa diberangkatkan lagi," ujar Fajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com