Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Kirim Alat Pembaca Kotak Hitam

Kompas.com - 17/05/2012, 13:22 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Rusia akan mengirim alat pembaca kotak hitam pesawat Sukhoi Superjet 100 ke Indonesia, Kamis (17/5/2012), untuk membantu proses penyelidikan kecelakaan pesawat tersebut, yang jatuh di kawasan Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, pekan lalu. Keputusan tersebut disampaikan Kementerian Industri dan Perdagangan Rusia, Kamis pagi waktu Moskwa.

Alat pembaca data rekaman pembicaraan pilot atau voice cockpit recorder (VCR) itu akan langsung dikirim hari ini dan diharapkan bisa segera digunakan. VCR adalah satu dari dua kotak hitam pesawat yang merekam aktivitas pesawat sebelum terjadi kecelakaan.

VCR SSJ100 yang jatuh di Gunung Salak berhasil ditemukan tim SAR Komando Pasukan Khusus TNI AD (tim SAR Kopassus TNI AD), Selasa (15/5/2012). VCR tersebut ditemukan dalam keadaan hangus.

Menurut Deputi Menteri Industri dan Perdagangan Rusia, yang juga menjadi Ketua Tim Penyelidik Rusia, Yury Slyusar, VCR merekam pembicaraan di dalam kokpit selama dua jam terakhir. Satu kotak hitam lainnya, yakni perekam data penerbangan (FDR) hingga saat ini belum ditemukan.

FDR sangat penting dalam penyelidikan penyebab kecelakaan pesawat udara karena alat itu merekam data-data vital tentang mesin, sistem kendali, kecepatan, ketinggian, dan data-data teknis penerbangan lainnya saat kecelakaan terjadi.

Pengiriman alat pembaca VCR oleh Rusia itu menjawab berbagai spekulasi selama ini tentang lokasi pembukaan dan pembacaan kotak hitam. Dengan alat kiriman Rusia itu, para penyelidik Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi Indonesia (KNKT Indonesia) bisa segera bekerja membaca VCR SSJ100.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com