Peneliti DNA Rusia Siap Identifikasi Korban Sukhoi - Kompas.com

Peneliti DNA Rusia Siap Identifikasi Korban Sukhoi

Maria Natalia
Kompas.com - 17/05/2012, 13:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti DNA Rusia Profesor Pavlov Ivanov telah mendatangi Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (17/5/2012). Ia akan membantu tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri untuk mengidentifikasi sekitar 30 kantung jenazah yang berisi potongan tubuh korban kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100.

"Semalam (Rabu malam) Prof Ivanov sudah tiba di Jakarta. Doakan supaya semakin cepat pekerjaan kami sehingga proses pemeriksaan DNA ini akan dapat lebih cepat selesai juga," kata Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Brigadir Jenderal Mussadeq Ishak di Jakarta.

Meski dibantu oleh peneliti DNA tersebut, Mussadeq tidak dapat memastikan bahwa proses identifikasi akan berjalan lebih cepat dari yang dijadwalkan. Tim DVI sendiri pernah menyatakan bahwa proses identifikasi akan memakan waktu dua minggu.

"Kemarin orang Rusia juga bilang dua minggu. Ahli patologi Rusia sudah bilang begitu, jadi kami perkirakan waktunya sama saja," kata Mussadeq.

Sementara itu, saat diwawancarai Profesor Ivanov mengatakan, dia siap untuk membantu identifikasi DNA korban kecelakaan pesawat Sukhoi tersebut. "Indonesia adalah negara yang bagus, tapi itu bukan alasan saya untuk berada di sini. Saya datang ke sini untuk membantu permasalahan yang terjadi," kata Ivanov singkat.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    PenulisMaria Natalia
    EditorHertanto Soebijoto