Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perumahan Rawan Banjir Ditata Jadi Kampung Hijau

Kompas.com - 17/05/2012, 21:28 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Lima kompleks perumahan rawan banjir di Kota Tangerang, akan ditata menjadi Kampung Hijau. Program ini akan berlangsung selama tiga bulan di Perumahan Pinang Griya, Cileduk Indah I, Pondok Surya, Griya Kencana I, dan Griya Cileduk.

Dalam program ini warga wajib mengelola sampah, membuat pertanian produktif, dan mengelola air secara bijaksana.

Sosialisasi program Kampung Hijau ini dilakukan Ade Rusmana dari konsultan Badan Lingkungan Hidup Kota Tangerang di RT 003/06 Perumahan Pinang Griya, Kota Tangerang, Kamis (17/5/2012) ini.

"Langkah ini diambil sebagai upaya menanggulangi banjir dan penghijauan, atas kawasan yang menjadi langganan banjir ini," jelas  Rusmana.

Setelah lima lokasi itu, kata Rusmana, sesuai permintaan warga program tersebut akan dikembangkan di perumahan Cileduk Indah II (Ciledug), Komplek Barata (Karang Tengah), dan Benua Indah (Karawaci).

Ade mengatakan, pelaksanaan program ini bukan masalah yang gampang. "Program ini sangat baik dalam menanggulangi banjir sekaligus menjadikan kawasan tersebut daerah hijau. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya akan sulit, karena semuanya terpulang kepada kemauan dan tekad dari warga setempat. Apakah warga ingin lingkungannya menjadi hijau dan sehat?" kata Ade.

Untuk menanggulangi banjir, Ade berharap, warga harus mengelola sampahnya sendiri dan mengendalikan sampah di sungai.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com