Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Tak Yakin Dirut Baru Merpati Bisa Bereskan Masalah

Kompas.com - 21/05/2012, 14:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com  - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan dirianya tidak yakin Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines Rudy Setyopurnomo, dapat menyelesaikan permasalahan, khususnya kerugian di BUMN penerbangan tersebut.

"Saya tidak yakin dengan Pak Rudy ini bisa selesaikan kerugian Merpati yang tiap hari mencapai Rp 2 miliar," kata Dahlan saat bincang-bincang di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (21/5/2012).

Ia beralasan kerugian Merpati setiap harinya merupakan nilai yang besar, sehingga diperlukan pemikiran cerdas dan sikap tegas dari seorang pemimpin. Jumlah kerugian yang sangat besar itulah yang membuat dirinya tak yakin dapat dikurangi.     "Saya juga tidak begitu yakin kalau nilai (kerugian) dapat berkurang, atau bisa saja naik dari sekarang," tuturnya.

Sebelum ditunjuk sebagai dirut baru Merpati, Rudy Setyopurnomo adalah komisaris utama yang baru menjabat di perusahaan penerbangan itu kurang dari satu bulan.

Dahlan menambahkan bahwa posisi Komut akan digantikan oleh salah seorang dari jajaran komisaris. Namun, ia mengakui tidak mengingat nama tersebut.

Saat ini, Dewan Komisaris Merpati ada empat orang. Mereka adalah Komisaris Utama Eddi Haryadi, sementara tiga komisaris lainnya adalah Abhy Widya, Hotland Siagian, dan Sony Laho.

Dahlan pernah mengungkapkan dirut lama Merpati, Sardjono Jhony Tjitrokusumo, merupakan sosok yang baik, bahkan terlalu baik.  Ia mengakui pemimpin yang terlalu baik juga tidak baik bagi sebuah perusahaan. Ia mengibaratkan seorang pemimpin yang baik tidak sama dengan seorang bapak yang baik. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com