Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Donasi Lewat Internet, Faisal Utamakan Transparansi

Kompas.com - 27/05/2012, 14:11 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai macam cara dilakukan calon gubernur DKI Jakarta jalur independen, Faisal Basri Batubara untuk mendapatkan dana kampanye. Bersama wakilnya, Biem Benjamin, pasangan tersebut membuka donasi masyarakat lewat internet.

"Kami kerjasama dengan Doku.com. Jadi dia semacam merchant, anggap saja dia toko, orang beli ke dia, pakai kartu kredit, belinya produk saya," ujar Faisal Basri saat ditemui Kompas.com di area Bentara Budaya Jakarta, Jumat (25/5/2012).

Ia mengatakan, kerjasama tersebut dilakukannya sejak 12 Mei 2012 lalu. Masyarakat dipermudah jika ingin menyumbang dana pasangan tersebut. Hanya dengan membuka situs www.faisalbiem.com, pada sisi kanan atas terdapat kalimat donasi, masyarakat tinggal klik tanda tersebut dan mengisi beberapa formulir identitas.

"Mereka melaporkan setiap minggu. Minggu pertama sama sekali nggak ada, minggu ini dilaporkan senin besok. Kalau kecepatannya begini, lancar kita," ujarnya sambil memperlihatkan satu persatu email donasi yang masuk dari orang yang tak dikenalnya.

Faisal menjelaskan, pembukaan donasi lewat internet tersebut bukan tidak memiliki arti apa-apa. Ia menegaskan, langkah tersebut juga memiliki nilai -nilai keindependenan dan memberikan pendidikan politik baru kepada masyarakat tentang pola pendanaan yang transparan.

"Makna politiknya ya mengajak proses politik ini transparan, memperluas partisipasi donasi dan mempermudah orang donasi. Ada nama, email, nomor telepon dan selama ini maksimal Rp 10 juta, paling kecil Rp 100.000," lanjutnya.

Pasangan yang memiliki tagline 'Berdaya Bareng-bareng' tersebut pun berharap dengan menjadi pasangan cagub-cawagub pertama yang menempuh jalur donasi tersebut, mampu memberikan angin baru bagi demokrasi di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com