Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Megapolitan

Kriminalitas

Ratu Penggelapan Mobil Beraksi Hanya Dalam 6 Bulan

Rabu, 30 Mei 2012 | 16:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lydia (30), tersangka pelaku penggelapan 39 mobil tergolong berani dalam melakukan aksinya. Hanya dalam waktu enam bulan dia berhasil menggelapkan mobil-mobil yang dipinjam atau disewa dari rental mobil maupun orang perorangan.

"Dia (tersangka) melakukan aksi ini sejak bulan Desember 2011 sampai Mei 2012," ujar Ajun Komisaris Besar Hermawan, Kanit Reskrim Polres Metro Jaksel saat memberikan keterangan pers di Mapolres Jaksel, Rabu (30/5/2012).

Keberanian Lydia juga terlihat dengan caranya melakukan tindakan penggelapan. Ia mendatangi sendiri rental mobil maupun pemilik mobil dengan menunjukkan identitas asli. Mobil kemudian disewa dengan mengikuti prosedur yang berlaku, di antaranya dengan membayar uang sewa yang berkisar Rp 1, 8 juta - Rp 1,9 Juta. Dengan mengantongi STNK, Lydia lantas mencari orang untuk menggadaikan mobil sewaan tersebut. Namun, Lydia mengaku tidak mengambil keuntungan dari aksi kriminalnya tersebut.

"Ya, semacam gali lubang tutup lubang. Karena uang hasil gadai kemudian langsung dipakai lagi buat DP sewa mobil berikutnya," kata AKBP Hermawan.

Lydia menyerahkan diri ke Polrestro Jaksel pada 16 Mei lalu atas pendekatan aparat dan karena mendapat tekanan dari para pemilik kendaraan maupun dari pihak yang menerima gadai mobil hasil penggelapan itu. Ibu dua anak itu saat ini berstatus tahanan Polres Metro Jaksel. Pihak penyidik menjerat tindakan Lydia dengan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dan Pasal 378 KUHP tentang penipuan sebagai subsider.


Penulis: Imanuel More
Editor : Hertanto Soebijoto