Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati Jadi Pimpinan Lapas

Kompas.com - 31/05/2012, 18:02 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Banten, Imam Santoso mengingatkan, pimpinan harus berhati-hati dalam mengelola dan menjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pemuda Tangerang. Sikap itu harus dijaga penuh rasa tanggung jawab tinggi karena tempat tahanan bagi penghuninya tersebut kerap menjadi sentral pemberitaan massa.

Pesan itu dikatakan Kepala kanwil Hukum dan HAM Provinsi Banten saat serah terima jabatan Kepala Lapas dari Kunto Wiryanto kepada Sugeng Irawan, Kamis (31/5/2012). Kunto, selanjutnya menjadi Kepala Rumah Tahanan Paledang, Bogor.

Kepada Sugeng, Imam meminta agar terus berkoordinasi dengan jajaran Kanwil Kemenkumham dalam mengelola dan menjaga Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang.

Tujuannya, jika terjadi sesuatu kejadian bisa tertangani dengan cepat. Mengenai pergantian Kunto Wiryanto, kata Imam, perjalanan karir Kunto di Lapas Pemuda Tangerang telah melalui banyak dinamika. Mulai dari sesuatu hal yang kecil, hingga sesuatu hal yang menjadi pemberitaan luar biasa.

Misalnya terkait kasus kaburnya enam orang napi, yang hingga kini belum tertangkap semuanya. Belum lagi kasus penemuan bandar narkoba asal Iran yang beroperasi dari balik jeruji penjara itu. "Opini masyarakat atas kejadian itu sangat luar biasa. Kami sebenarnya sudah berhasil mengatasinya. Akan tetapi, tuntutan masyarakat jauh lebih tinggi lagi," jelas Imam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com