Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timses Hidayat-Didik Temukan 44. 696 DPT Ganda

Kompas.com - 02/06/2012, 18:34 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta (KPU Provinsi DKI Jakarta) menggelar Rapat Pleno Penyusunan dan Penetapan Rekapitulasi Jumlah Daftar Pemilih Tetap Pilkada DKI Jakarta di Hotel Lumire, Senen, Jakarta Pusat.

Dalam rapat tersebut, beberapa tim sukses calon kepala daerah DKI Jakarta membeberkan temuan kejanggalan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta. Salah satunya adalah tim sukses pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Hidayat Nurwahid dan Didi J Rahbini. Agus Otto, anggota tim advokasi Hidayat-Hidik, mengungkapkan bahwa pihaknya menemukan sejumlah DPT yang berpotensi ganda. Jika hal tersebut terbukti, ia menilai tindakan tersebut merupakan bentuk pidana murni.

"Kita temukan 44.696 (data ganda). Ini data baru, ini baru kita temukan tadi pagi. Ini pidana murni," ujarnya kepada wartawan saat rapat pleno diskors, Sabtu (2/6/2012).

Perlu diketahui, proses nama seseorang hingga ditetapkan dalam DPT harus melewati beberapa tahap. Tahap pertama berupa Daftar Penduduk Potensi Pemilih Pemilukada (DP4) yang berasal dari data pemilihan kepala daerah sebelumnya. Setelah mendapat koreksi, data itu menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan berakhir hingga ditetapkan menjadi DPT.

Agus mencontohkan salah satu DPT atas dua orang bernama Mustakim, warga Duren Sawit, Jakarta Timur. Dalam keterangan NIK di DPS, NIK Mustakim adalah 3101022007840000. Namun, setelah ditetapkan dalam DPT, NIK tersebut berubah menjadi dua, yakni 3101022007840001 dan 3101022007840002. "Kita mendapatkan data ini dari KPUD sendiri tadi malam," lanjutnya.

Berdasarkan data yang dimiliki tim sukses Hidayat-Disik, daerah yang paling banyak memunculkan DPT ganda adalah Duren Sawit dengan jumlah 37.62. Karena data tersebut didapat dari KPUD DKI Jakarta, ia menegaskan bahwa temuan tersebut harus ditindaklanjuti.

Hingga pukul 18.13 WIB, rapat pleno tersebut masih berlangsung. Hadir pula dalam rapat tersebut, seluruh jajaran KPUD Provinsi DKI Jakarta, Panitia Pengawas Pemilu, dan tim sukses masing-masing calon kepala daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com