Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jabar dan Sumut Dukung Hidayat-Didik

Kompas.com - 03/06/2012, 12:20 WIB
Imam Prihadiyoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dukungan bagi pasangan Hidayat Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini untuk menjadi pemimpin Jakarta tidak hanya datang dari komunitas warga, tetapi gubernur dari provinsi lain. Gubernur yang sudah menyatakan dukungan adalah Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan dan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho.

Menurut Gatot, Hidayat selama ini dikenal sebagai tokoh yang bersih. "Beliau belum pernah terkait kasus dan tentunya kita harapkan jangan terjadi. Untuk itu, tentu kita sama-sama berharap beliau bisa dimudahkan jalannya dalam pemilihan gubernur kali ini," ujar Gatot.

Sementara itu, Ahmad Heryawan menjelaskan, masyarakat Sunda merupakan populasi terbesar kedua di Jakarta setelah etnis Jawa sehingga dukungan dari masyarakat Sunda merupakan potensi yang amat besar. "Walaupun masyarakat yang berada di Jabar tidak memiliki hak pilih, yang bisa dilakukan adalah mengarahkan keluarga ataupun kolega yang memiliki hak pilih di Jakarta untuk mendukung Hidayat-Didik," tutur Kang Aher, sapaan Heryawan.

Heryawan menambahkan, antara DKI Jakarta dan Jabar adalah sektor regional yang memiliki singgungan amat besar. Tentu akan menjadi sebuah sinergi yang luar biasa, apabila pemimpin dari kedua wilayah ini saling mendukung.

Sementara itu, Hidayat menuturkan, dirinya maju dalam Pilkada DKI Jakarta sebagai jawaban atas tantangan dan pertanyaan soal keberhasilan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai partai dakwah. Ia menjelaskan, setelah PKS sukses meraih hasil yang cukup membanggakan pada dua pemilu legislatif terakhir, kemudian diikuti dengan keberhasilan mengantarkan kadernya menjadi gubernur, seperti Ahmad Heryawan (Jawa Barat), Irwan Prayitno (Sumatera Barat), dan Gatot Pujo Nugroho (Sumatera Utara).

Mantan Presiden PKS ini menambahkan, jika ingin membangun kepemimpinan yang baik, maka perlu menjalin komunikasi yang baik pula di antara pimpinan. "Makanya bila saya diperkenankan oleh Allah SWT untuk memimpin Jakarta dan Ahmad Heryawan memimpin Jabar, maka komunikasi yang baik sudah siap terbangun demi mewujudkan Jakarta dan Jabar yang sejahtera," tutur Hidayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com