Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Barat Gagal Raih Piala Adipura

Kompas.com - 06/06/2012, 14:09 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Jakarta Barat di bawah kepemimpinan Burhanuddin pada tahun ini gagal mendapatkan penghargaan Adipura. Pada tahun sebelumnya, Jakarta Barat masih menerima piala yang menjadi kebanggaan pemerintah kota dalam hal kebersihan lingkungan tersebut.

"Kegagalan Jakarta Barat dalam meraih Piala Adipura tidak boleh disalahkan kepada masyarakat. Belum berhasilnya mendapatkan Piala Adipura merupakan tanggung jawab penuh saya sebagai Wali Kota,” kata Burhanuddin saat dihubungi wartawan, Selasa (5/6/2012)

Dia melanjutkan, penilaian terburuk Piala Adipura terhadap Jakarta Barat terletak pada pencamaran air dan udara yang masih sangat rendah. Untuk itu, pihaknya akan segera memperbaiki masalah tersebut dengan membangun bank-bank sampah di setiap kelurahan di Jakarta Barat.

”Meskipun sudah ada bank sampah tersebut, tetapi belum maksimal. Kami akan fungsikan lebih optimal ke depannya,” katanya.

Wali Kota juga sangat kecewa dengan gagalnya meraih Piala Adipura. Padahal, upaya yang dilakukannya, baik aparat pemerintah dan masyarakat, sudah sangat maksimal. Hanya saja, keberuntungan belum berada di pihaknya.

Tahun ini Kementrian Lingkungan Hidup memberikan 10 Piala Adipura. Kesepuluh kota yang mendapatkan Piala Adipura adalah Tangerang, Palembang, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Semarang, Medan, Jakarta Utara, Malang, dan Balikpapan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com