Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Tekstil dan Onderdil Motor Dilalap Api

Kompas.com - 07/06/2012, 12:21 WIB
Hidayatul Fajri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pabrik tekstil PT Budi Muaratex dan pabrik onderdil motor PT Maju Bersama Surya Indah Motor yang berlokasi di Jalan Kapuk, Kamal Muara, Gang Kamal Muara 9, RT 02 RW 02, Kamal Muara, Jakarta Utara, terbakar pada Rabu kemarin. Kebakaran terjadi pukul 21.55. Hingga Kamis (7/6/2012) pukul 10.40, proses pendinginan masih berlangsung.

Operator Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Utara (Operasi Sudin Damkar dan PB Jakarta Utara), Sarwanto, mengatakan, pihaknya menurunkan 26 mobil pemadam kebakaran untuk pemadaman api. Sebanyak 13 mobil dari Sudin Damkar dan PB Jakarta Utara, 7 mobil dari Sudin Damkar dan PB Jakarta Barat, dan 6 mobil dari tim penyelamat.

Menurutnya, penyebab kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik. "Karena korsleting listrik," ujarnya kepada Kompas.com saat dihubungi, Kamis siang.

Kepala Seksi Operasional Sudin Damkar dan PB Nurdin Silalahi mengatakan, kebakaran diduga berasal dari pabrik tekstil. Nurdin mengatakan, petugas pemadam kebakaran sempat kesulitan memadamkan api. Hal tersebut terjadi karena kebakaran terjadi pada malam hari, dan petugas juga sempat kesulitan mencari sumber air.

Selain itu, kata Nurdin, mobil pemadam sempat terjebak macet saat menuju lokasi kebakaran. "Sumber air akhirnya kami gunakan dari empang," ujar Nurdin.

Hingga pukul 10.40, masih ada dua mobil pemadam kebakaran yang melakukan pendinginan. "Pada area 10 x 20 meter di pabrik tekstil masih terdapat tumpukan benang yang tertimpa tembok. Itu yang masih kami dinginkan," kata Nurdin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com