Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Keluarga Hijau di Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Kompas.com - 10/06/2012, 10:28 WIB
Iwan Setiyawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan keluarga muda mengkampanyekan gaya hidup hijau dalam aksi Green Family, di area Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (10/6/2012) pagi ini.

Acara yang digagas Yayasan Alam Bumi Lestari ini, diadakan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS). Kampanye dilakukan dengan membagikan stiker dan brosur, berisi ajakan mempraktikkan gaya hidup hijau di kehidupan sehari-hari.

Gaya hidup hijau yang bisa dilakukan, antara lain menanam pohon di sekitar rumah, mengurangi penggunaan plastik, menghemat listrik dan air, serta mengelola sampah keluarga.

Menurut koordinator kampanye, M Afif, kegiatan ini diadakan untuk mengajak masyarakat perkotaan lebih peduli pada kelestarian lingkungan. Dengan makin padatnya penduduk kota, ancaman terhadap lingkungan semakin nyata.

"Semoga langkah kecil yang kita lakukan di lingkungan keluarga, dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya", kata Afif.

Selain membagi stiker dan brosur, juga dibagikan gratis sekitar 200 bibit tanaman kepada warga yang beraktivitas di Jalan Sudirman. Bibit pohon pucuk merah, jati emas, sirsak, durian, nangka, dan jenis pohon lain, ludes dalam sekejap.

Suwandi, warga yang sedang bersepeda di Jalan Sudirman, mengaku senang mendapatkan bibit pohon durian gratis. "Saya akan tanam pohon ini di halaman samping rumah saya. Lumayan dapat gratis", katanya.

Menurut Afif, kegiatan serupa juga digelar serentak di Kota Malang, Jawa Timur. Kampanye di Malang di adakan di depan Gedung Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang di Jalan Raya Ijen. Kegiatan di kota itu  juga diisi pembagian bibit tanaman.

"Untuk kegiatan di Malang, kami juga didukung adik-adik dari Ikatan Mahasiswa Pencinta Alam Unibraw yang membantu kampanye", tutur Afif.

Kegiatan ini juga sudah didaftarkan dan mendapat sertifikat dari United Nation Environment Program (UNEP), sebagai bagian dari peringatan World Environtment Day (HLHS).

Tahun ini kampanye utama HLHS mengusung tema Ekonomi Hijau. Ket foto: Warga Jakarta menerima bibit tanaman gratis yang dibagikan saat kampanye "Green Family" di Jalan Sudirman, Minggu (10/6/2012). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com