Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto: Aksi Buruh di Depan Kedubes Jerman dan Inggris

Kompas.com - 11/06/2012, 15:19 WIB
Vitalis Yogi Trisna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buruh yang tergabung dalam SIBUK (Solidaritas Indonesia Untuk Buruh Kizone) melakukan unjuk rasa di depan Kedubes (Kedutaan Besar) Jerman, Inggris dan menutup aksi di depan Bundaran Hotel Indonesia. Pada aksi ini mereka menyerukan tuntutan pesangon dari PT. Kizone International.

"Melalui aksi di depan kedubes Jerman dan Inggris, kami berharap mereka mau membantu kami mendesak Adidas membayar pesangon para buruh," ujar Aslam Hidayat, koordinator demonstrasi ketika ditemui usai aksi, Jakarta, Senin (11/6/2012).

PT. Kizone International sendiri merupakan perusahaan asal Korea Selatan yang mengerjakan order dari Adidas dan Nike. Namun terhitung mulai Februari 2010, perusahaan ini ditinggal oleh pemiliknya.

Selanjutnya Pengadilan Negeri Niaga, Jakarta Pusat memutuskan bahwa pekerja berhak mendapatkan pesangon. Tapi putusan tersebut dikasasi oleh Bank SBI dan hingga sekarang masih mengambang di Mahkamah Agung.

Lalu mengapa hanya Adidas yang dituntut bertanggung jawab? Menurut pengunjuk rasa, Nike sudah membayarkan 1 juta USD sementara Adidas yang berkewajiban membayarkan 1,8 juta USD belum melakukan pembayaran. "Adidas mampu menjadi sponsor Olimpiade London 2012, tapi kenapa mereka menggantung nasib buruh," tegas Hidayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com