Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Pembukaan Jakarta Fair

Kompas.com - 15/06/2012, 08:26 WIB
Vitalis Yogi Trisna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka festival tahunan Pekan Raya Jakarta atau yang biasa disebut Jakarta Fair di Arena JiExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (14/6/2012). Bunyi sirine mengawali pesta kembang api yang menandai kembali digelarnya Jakarta Fair.

Pada tahun ini, PRJ menargetkan jumlah pengunjung sekitar 4,5 juta orang dengan harapan terjadi transaksi bisnis sebesar empat trilliun. Sebanyak 2.650 peserta turut meramaikan event yang digelar dalam rangka menyambut ulang tahun kota Jakarta ini.

"Majulah Jakartaku" menjadi tema Jakarta Fair Tahun ini, dengan mengangkat sub tema "Dengan majunya kota Jakarta kita, maka akan maju pula seluruh kota dan wilayah Indonesia, rakyat akan menjadi lebih sejahtera sehingga akan maju pula negeri kita."

Sejarah Jakarta Fair sendiri bermula melalui ide dari Haji Mangan selaku ketua Kadin (Kamar dagang Indonesia) pada tahun 1967. Saat itu ia merasa perlu meningkatkan kembali pemasaran produksi Jakarta yang sempat terpuruk akibat G30S/1965.

Akhirnya bersama Gubernur Jakarta saat itu Ali Sadikin dirinya pun merealisasikan Jakarta Fair untuk pertama kalinya pada tanggal 5 Juni hingga 20 Juli 1968. Dahulu acara digelar di lapangan Monumen Nasional (Monas), namun semenjak 1992 perhelatan Jakarta Fair dipindah ke Kemayoran.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com