Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Bayi dengan Jantung Bocor Membaik

Kompas.com - 15/06/2012, 18:23 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi Diva Anggraini, bayi 2 bulan yang mengalami jantung bocor dan masalah paru-paru, kini semakin baik setelah melalui proses operasi pada 4 Juni lalu. Diva saat ini masih dirawat di Ruang Seruni Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita, Jakarta Barat.

"Dua-tiga hari lagi bayi ini sudah bisa pulang, jika kondisi memungkinkan," kata dokter spesialis anak, Akira Prayudianto, kepada wartawan, Jumat (15/6/2012).

Ia mengatakan, operasi terhadap Diva hanya dilakukan pada paru-paru yang tidak sama besarnya karena bawaan lahir. Posisi diafragma paru-paru yang berada di atas sudah diturunkan pada operasi lalu.

"Jantung hanya kebocoran kecil. Kalau jantung tidak nutup, bisa sesak nafas karena darah bersih dan darah kotor tercampur, jadi tiap tiga bulan akan dikontrol," ujarnya.

Pada 27 April 2012, Dewi melahirkan anak keduanya itu di bidan daerah Pondok Cina, Depok. Diva didiagnosis mengalami penyakit paru-paru dan pembengkakan di jantung. Dewi kemudian memutuskan membawa Diva ke RS Mitra Keluarga Depok.

Pada 23 Mei, Diva dipindahkan ke RSAB Harapan Kita yang berada di depan RS Jantung Harapan Kita karena kebocoran jantung yang diindikasikan tidak terlalu parah. Di RSAB Diva dioperasi pada 4 Juni karena ada otot perut yang menutup paru-paru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com