Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Pecinta Alam UI Gelar Pendidikan Anggota Baru

Kompas.com - 20/06/2012, 18:38 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Badan Khusus Pelantikan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (BKP Mapala UI), kembali membuka perekrutan anggota baru. Proses pendidikan tersebut biasanya dilakukan dua tahun sekali, dalam kurun waktu 12 bulan.

Setyo Ramadi, Ketua BKP Mapala UI 2012, Rabu (20/6/2012), di Depok, mengatakan, tahun ini pelaksanaan BKP Mapala UI sangat berbeda dengan BKP periode sebelumnya. BKP tahun ini memakan waktu jauh lebih padat dan singkat, hanya dalam tiga bulan, mulai 16 Juni hingga 16 Juli 2012.

Setyo menambahkan, serangkaian latihan tersebut bukan hanya memberi bekal teknis dasar bergiat di alam bebas kepada para calon anggota. Pelaksanaan BKP diharapkan mampu menumbuhkan sikap mandiri, berani mengambil keputusan, tekun, dan pantang menyerah dalam menghadapi segala tantangan.

"Harapan kami, khususnya pada BKP, diakhir kegiatan nanti para calon anggota bisa memahami dan merasakan hakikat dasar bergiat di alam bebas, yakni fun, safety and progress," kata Setyo.

Peserta antara lain melaksanakan kegiatan Telusur Goa Badan Khusus Pelantikan (BKP) Mapala UI, yang berlangsung pada 18-22 Juni 2012. Sebanyak 30 mahasiswa calon anggota dan 20 orang mentor dari Mapala UI ikut kegiatan ini.

Mereka akan dilatih kemampuan bergiat di alam bebas oleh pelatih-pelatih yang sudah berpengalaman dibidangnya, salah satunya Cahyo Alkantana. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Hikespi (Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia).

Untuk kegiatan lapangan, pembekalan teknik telusur goa kali ini berlangsung di kawasan karst Gunung Kidul, tepatnya daerah sekitar Jomblang, yaitu di Semanu, Desa Jetis Wetan, Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com