Selasa, 22 Juli 2014

News / Megapolitan

Seni dan Budaya

Festival Cisadane Dimulai

Rabu, 20 Juni 2012 | 19:46 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Wali Kota Tangerang Wahidin Halim membuka Festival Cisadane 2012, Rabu (20/6/2012). Festival yang akan berlangsung hingga Minggu di pinggir Sungai Cisadane, Jalan Berhias, Kota Tangerang, Banten, itu akan menampilkan pentas seni dan budaya.

Pembukaan kegiatan tahunan itu ditandai dengan pemukulan rampak beduk oleh Wali Kota Tangerang Wahidin Halim dan Kepala Polres Tangerang Kota Komisaris Besar Wahyu Widada.

Ratusan warga memadati areal festival itu menyaksikan berbagai tarian asli Tangerang, barongsai, dan ondel-ondel. "Selama lima hari ini akan dilangsungkan pentas seni berupa seni wayang kulit dan golek, ronggeng dan reok, dan barongsai. Juga akan diadakan lomba menyanyi keroncong dan dangdut modern," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Tangerang Tabrani.

Wahidin mengatakan, festival ini digelar setiap tahun untuk menjadikan Sungai Cisadane sebagai wahana wisata air. Festival Cisadane menampilkan prosesi puncak-puncak kreativitas daerah yang merefleksikan orisinalitas, kemandirian, dan kearifan lokal yang merupakan gambaran perjalanan dinamika kota itu.

Festival ini secara filososfis dan historis lahir dari upacara Pe'cun atau lomba perahu naga.


Penulis: Pingkan E Dundu
Editor : Nasru Alam Aziz