Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buslane di Tangerang Dilengkapi "Park and Ride"

Kompas.com - 22/06/2012, 14:49 WIB
Ali Sobri

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Pengoperasian bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) Tangerang jurusan Poris Plawad-Terminal Kalideres Jakarta didukung juga oleh fasilitas parkir kendaraan bermotor. Fasilitas park and ride yang disediakan oleh Terminal Poris Plawad, Tangerang, ini masih baru dan belum banyak dimanfaatkan warga.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha APTB Tangerang Abdul Rouf mengatakan, meski park and ride dibangun untuk menyediakan area parkir kendaraan bagi penumpang TransJabodetabek atau buslane Tangerang. Pengelolaannya diatur oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal. "Area parkir itu bukan kami yang kelola, tetapi menjadi tanggung jawab UPTD Terminal. Park and ride jadi sarana pendukung bagi penumpang nantinya," katanya saat ditemui Kompas.com di ruang kerjanya.

Rouf menyebutkan, fasilitas parkir tersebut bisa dimanfaatkan warga Tangerang yang biasa membawa kendaraan, baik sepeda, motor, ataupun mobil. Dengan begitu, kecenderungan volume kendaraan yang akan menuju DKI Jakarta dapat dibendung. "Pengguna kendaraan pribadi yang akan memasuki Jakarta bisa tertahan karena ada trayek ini, juga dengan fasilitas pendukung lainnya, seperti park and ride ini," ujarnya lagi.

Ia berharap fasilitas parkir kendaraan ini dapat memperlancar operasi angkutan umum di Tangerang. Pengguna parkir akan dikenai tarif progresif dengan batasan tarif maksimal.

"Tarif parkir park and ride berdasarkan Peraturan Daerah No. 15 Tahun 2011 menyebutkan bahwa untuk kendaraan sepeda dikenakan biaya Rp 500 untuk 1 jam pertama dan jam berikutnya Rp 500 juga, serta tarif maksimalnya hanya Rp 1.500," ujar Rouf.

Adapun kendaraan bermotor roda dua dikenai biaya parkir Rp 1.000 untuk 1 jam pertama dan dikenakan Rp 500 per jam dengan tarif maksimal, yaitu Rp 2.000. Sementara itu, tarif parkir mobil sebesar Rp 2.000 selama 1 jam pertama dan tambahan Rp 1.000 per jam berikutnya dengan tarif maksimal adalah Rp 6.000.

Pengoperasian APTB TransJabodetabek atau buslane Tangerang ini masih dalam tahap uji coba. Wali Kota Tangerang Wahidin Halim masih akan menggratiskan trayek Poris Plawad-Kalideres dan sebaliknya selama 3 hari berturut-turut sejak diresmikan pada Rabu (20/6/2012) hingga Jumat (22/6/2012) bersamaan dengan HUT ke-485 DKI Jakarta.

Trayek angkutan umum ini beroperasi pada pukul 05.00-22.00 WIB. Nantinya calon penumpang akan dikenai biaya Rp 3.000 untuk jurusan Poris Plawad-Kalideres dan Rp 6.500 untuk tiket terusan Poris Plawad Tangerang sampai dengan Terminal Kalideres hingga lanjut menggunakan Transjakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com