Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Soal Tanah Sekolah Dibicarakan

Kompas.com - 27/06/2012, 12:36 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Rabu (27/6/2012) ini, Pemerintah Kota Depok menggelar pertemuan dengan keluarga Kasim yang mengklaim berhak atas tanah di empat sekolah dasar di Kecamatan Tapos. Keluarga Kasim meminta agar pemerintah memberi kompensasi tanah yang dipakai untuk SD Negeri 1 Leuwinanggung, SDN 2, SDN 3, dan SDN 4.

Lahan seluas sekitar satu hektar itu belum pernah mendapat kompensasi dari pemerintah sejak dipakai tahun 1970-an. "Hari ini perwakilan keluarga Kasim, pemerintah diwakili Dinas Pendidikan, Bagian Aset dan Hukum, bertemu membahas masalah tanah sekolah itu," tutur Jarkasih, Lurah Leuwinanggung, Kecamatan Tapos. Hasil perundingan pun belum diketahui.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Depok (Pemkot Depok) menyatakan bahwa tanah itu aset pemerintah, sementara pihak keluarga Kasim mengklaim tanah itu masih tanah keluarganya.

Kasim sebelumnya merupakan kepala desa dan lurah Leuwinanggung selama 36 tahun. Versi keluarga, saat pemerintah membutuhkan lahan untuk pembangunan SD yang kemudian dikenal sebagai SD inpres, Kasim mempersilakan tanahnya dipakai.

Pekan lalu, keluarga Kasim menduduki sekolah itu selama tiga hari. Pada saat pendudukan, siswa dan guru sedang beraktivitas di area sekolah. Setelah melalui negosiasi, keluarga bersedia membuka sekolah itu kembali.

Syaratnya, pemerintah memberi kepastian kompensasi atas tanah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com