Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Janjikan Santunan Kematian Rp 2 Juta

Kompas.com - 27/06/2012, 14:53 WIB
Riana Afifah

Penulis

PULAU PRAMUKA, KOMPAS.com - Selain program kartu Jakarta Sehat dan kartu Jakarta Pintar, calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gerindra yaitu Joko Widodo menjanjikan ada dana santunan kematian untuk warga sebesar Rp 2 juta

"Nanti ada dana kematian. Kalau ada yang mendapat musibah, keluarganya ada yang meninggal dunia, akan mendapat santunan Rp 2 juta per orang," kata Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Rabu (27/6/2012).

Dia mengungkapkan, santunan kematian yang dikatakannya ini bukan sekadar janji saja. Program santunan kematian ini sebelumnya sudah dilaksanakan di Solo selama tujuh tahun berturut-turut. "Saya tidak janji lagi lah. Apa yang saya katakan, sudah dilaksanakan tujuh tahun di daerah," ungkap Jokowi.

Pemberian santunan kematian ini dianggap perlu. Mengingat selama ini, musibah kematian bukan hal yang murah. Bayangkan saja untuk biaya bedah bumi dan pemakaman biasanya diperlukan biaya yang tidak sedikit.

"Untuk biaya pemakamannya saja bisa jutaan. Keluhan dari warga selalu sama," ujarnya.

Kendati demikian, Jokowi berencana untuk mengalokasikan santunan kematian sebesar Rp 3.000.000 untuk Kepulauan Seribu dan Rp 2 juta untuk lima wilayah Jakarta. "Tadi kan dengar sendiri, warga di Kepulauan Seribu biaya pemakamannya saja Rp 2 juta jadi akan ditambah jadi Rp 3 juta," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com