Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Maklumi Kades yang Tak Salurkan Raskin

Kompas.com - 29/06/2012, 15:14 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

SUNGAI RAYA, KOMPAS.com - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan memaklumi jika para kepala desa di kabupatennya tidak mau menyalurkan beras untuk rakyat miskin (raskin) periode Juni hingga Desember 2012. Hal itu dimaklumi karena terjadi pengurangan jumlah penerima raskin dibandingkan periode Januari hingga Mei 2012.     

"Saya sebetulnya tidak keberatan penerima raskin itu berkurang kalau indikatornya jelas dan tidak dilakukan pada pertengahan tahun anggaran. Beberapa kades yang saya hubungi mengaku desanya tidak pernah disurvei atau diteliti tingkat kemiskinannya," kata Muda, Jumat (29/6/2012).

Menurut Muda, subsidi untuk raskin sudah ditetapkan pemerintah dan DPR dalam APBN 2012. Maka seharusnya, kalau ada pengurangan jumlah penerima raskin, hal itu dilakukan pada Januari 2013, sesuai dengan besarnya subsidi pada APBN 2013.

Seperti diberitakan,  beberapa kepala desa di Kubu Raya enggan menyalurkan raskin karena takut menjadi sasaran kemarahan masyarakat. Ada banyak masyarakat yang semula menerima raskin, pada periode Juni hingga Desember 2012 tak lagi menerima karena ada pengurangan jumlah penerima raskin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com