Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Bilang Lima Tahun Hanya 1 Koridor Busway?

Kompas.com - 29/06/2012, 23:09 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengatakan bahwa pernyataan beberapa calon gubernur mengenai pembangunan satu koridor busway dalam lima tahun ini tidak sepenuhnya benar.

Lantaran selama lima tahun terakhir, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membangun sebanyak lima koridor busway.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, mengaku terganggu dengan pernyataan tersebut. Ada lima koridor yang diselesaikan pada periode pemerintahan 2007-2012 ini yaitu koridor 8 hingga 12.

"Saya agak terganggu dengan pernyataan beberapa cagub bahwa dalam lima tahun hanya satu koridor saja," kata Pristono, dalam jumpa persnya di Dinas Teknis, Jalan Abdul Muis, Jakarta, Jumat (29/6/2012).

Ia menjelaskan bahwa pembangunan koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni) sebenarnya baru efektif dilakukan pada tahun 2008. Kemudian koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit) dan koridor 10 (Tanjung Priok-Cililitan) diselesaikan pada 2010. Dilanjutkan koridor 11 (Pulo Gebang-Kampung Melayu) yang dioperasikan pada 2011.

"Tahun ini, koridor 12 akan dioperasikan. Jadi apanya yang satu koridor. Itu ada lebih dari satu koridor," ungkap Pristono.

Memang pada tahun 2012 ini, pihaknya akan membangun koridor 12 yang beroperasi pada akhir tahun 2012. Dengan pengoperasian koridor 12, diperkirakan sekitar 129,9 juta penumpang dapat terangkut sehingga mampu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

"Rencananya ada 36 bus articulated atau gandeng. Tapi awalnya 20 bus dulu. Jika jumlah penumpang meningkat maka akan ditambah jumlah armadanya," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com