Sabtu, 1 November 2014

News / Megapolitan

Tolak RPP Tembakau, Petani Demo di Kemenkes

Selasa, 3 Juli 2012 | 14:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pendemo yang berasal dari kalangan petani tembakau, yang menolak rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Tembakau, hari ini berdemo di depan Kementrian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan. Massa juga melanjutkan aksinya di depan Gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Massa yang melakukan aksi tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek dan Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI).

Salah satu petani tembakau, Priyadi (36), yang datang dari Boyolali, Jawa Tengah, Kepada Kompas.com, Selasa (3/7/2012), menyatakan ketidaksetujuannya akan rancangan peraturan pemerintah ini. "Ini bisa membunuh petani tembakau. Mereka melarang kami menanam," ujar Priyadi.

Sementara itu, dari rilis yang diterima wartawan di lokasi yang berasal dari Koalisi Nasional Penyelamat Kretek (KNPK), tertulis "RPP Tembakau sebagai Peraturan Pelaksanaan UU 36/2009 tentang Kesehatan, sangat jauh dari rasa keadilan.

"Bagi kami, Koalisi Nasional Penyelamat Kretek (KNPK), RPP Tembakau baik langsung maupun tidak langsung, akan merugikan kehidupan kami, kaum tani dan kelas buruh," tulis pernyataan itu.

Pantauan Kompas.com, kemacetan terjadi di jalur arah Kuningan-Setiabudi-Menteng. Saat melakukan aksi, para pendemo yang berasal dari kalangan petani tembakau ini memenuhi jalur di depan Gedung Kemenkes. Bus-bus pendemo juga memenuhi pinggiran jalan Kemenkes. Akses jalur Kuningan-Setiabudi pun macet saat berlangsungnya aksi.

Saat berita ini dibuat, para pendemo rencananya akan menuju Kementerian Kordinator dan kesejahteraan Rakyat (Kemenkokestra) Republik Indonesia, di Jakarta Pusat.


Penulis: Robertus Belarminus
Editor : Hertanto Soebijoto