Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ICW: Money Politic dari Uang, Sembako, Hingga Ambulans

Kompas.com - 07/07/2012, 22:10 WIB
Adri Prima

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) menyayangkan maraknya money politic yang diduga dilakukan oleh hampir seluruh pasangan Cagub-Cawagub DKI Jakarta. Hal ini disampaikan oleh peneliti ICW bidang politik, Abdullah Dahlan pada sebuah acara diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/7/2012).

"Kita mendapatkan sekitar 27 pelanggaran kampanye dengan politik uang. Biasanya berbentuk pembagian uang secara langsung, pembagian sembako, hingga asuransi," tutur Abdullah.

Lebih parah lagi, ia menjelaskan adanya temuan pemberian sebuah mobil ambulans di tingkat RW. Mobil ambulans akan menjadi sepenuhnya milik warga dengan syarat-syarat tertentu. "Ambulans tersebut akan menjadi milik warga jika suara dukungan mencapai 90 persen untuk wilayah tersebut," lanjut Abdullah.

Menurutnya, hal tersebut mutlak merupakan money politic. Selain itu, pihak ICW juga masih mengeluhkan tentang transparansi dan akuntabilitas sumber dana kampanye dari para pasangan cagub-cawagub yang dinilai juga banyak pelanggaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com