Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adik John Kei Ancam Kerahkan Massa

Kompas.com - 10/07/2012, 15:09 WIB
Kiki Budi Hartawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tito Refra, adik sekaligus pengacara John Kei, mendesak polisi untuk memindahkan John Kei dari RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, ke rumah tahanan Polda Metro Jaya. Tito bersikeras kakaknya sehat dan seharusnya bebas karena masa tahanan terhadap John sudah berakhir. Tito mengancam akan mengerahkan massa untuk mengeluarkan John.

"Komitmen kami dan tim pengacara memindahkan John Kei ke Polda. Kalau tidak dipindahkan hari ini, saya akan menurunkan massa dengan jumlah yang banyak," ungkap Tito setelah bertemu dengan Komisi III DPR RI, Selasa (10/7/2012).

Menurut Tito, John Kei seharusnya bebas sejak Jumat (6/7/2012) pukul 00.00 WIB lalu. Namun, dengan alasan kesehatan, polisi membantarkan penahanan John dan memindahkan tokoh pemuda Kei itu ke RS Polri. Tito menganggap pihak kepolisian telah merekayasa pembantaran.

"Sekarang yang membuat keresahan itu siapa, tanyalah ke pihak polisi. Aturan hukum harus ditaati. Sebenarnya yang dibilang massa itu simpatisan keluarga besar di Jakarta. Jadi kalau kepastian tidak dikembalikan ke Polda maka mungkin malam ini massa akan datang," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, sudah ada kesepakatan antara pihaknya dan Polda Metro Jaya untuk mengembalikan John ke Polda Metro pada Rabu (11/7/2012).

Sebelumnya, Mabes Polri melarikan John Kei ke RS Polri Kramat Jati lantaran tensi John Kei naik dan kaki bekas tembakan masih bengkak. Sedangkan berkas John Kei sudah empat kali bolak-balik dari penyidik ke kejaksaan. John Kei merupakan tersangka kasus pembunuhan bos PT Sanex Steel Indonesia (SSI), Tan Harry Tantono alias Ayung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com