Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LSI: Jokowi-Ahok Menangi Pilkada Putaran Pertama

Kompas.com - 11/07/2012, 17:21 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil perhitungan cepat (quick count) terakhir hasil pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta. Untuk sementara, hasil menunjukkan bahwa pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Jokowi-Ahok akan memenangi pilkada putaran pertama. Hasil itu didapat dari 410 tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel di seluruh Jakarta.

Hingga pukul 16.49, data yang terkumpul mencapai 98,54 persen. Dari hasil survei itu, Jokowi-Ahok mengungguli dengan 42,76 persen. Peringkat kedua yakni Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dengan 33,9 persen. Peringkat selanjutnya yakni Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini 11,9 persen, Faisal Basri-Biem Benyamin 4,94 persen, Alex Noerdin-Nono Sampon 4,74 persen, dan Hendardji Soepandji-Riza Patri 2,06 persen.

"Dari hasil ini dipastikan pemilu akan berlangsung dua putaran. Karena berdasarkan Undang-undang tentang Pemerintah DKI Jakarta sebagai lex specialis, calon yang bisa satu putaran harus 50 persen plus 1," ungkap Direktur Eksekutif Komunikasi LSI, Burhanudin Muhtadi, Rabu (11/7/2012) dalam jumpa pers di kantor LSI, Jakarta Pusat.

Dari hasil itu, Burhanudin memprediksi Jokowi-Ahok akan memenangi Pilkada putaran pertama. Meski data belum sepenuhnya terkumpul, Burhan menuturkan bahwa data baru tidak akan merubah hasil secara signifikan.

"Sisanya tidak akan merubah komposisi suara buat pasangan yang ada. Jokowi-Ahok tetap akan unggul," ujarnya.

Adapun, hitung cepat yang dilakukan LSI ini berdasarkan data dari 410 TPS yang masuk dalam sampel. Pemilihan smapel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling dengan melibatkan 500 orang relawan dari IPB dan UIN Syarif Hidayatyullah. Margin of error hasil perhitungan cepat ini yakni +/- 1 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com