Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PDI-P Tjahjo Kumolo Juga Tak Terdaftar di DPT

Kompas.com - 11/07/2012, 19:55 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak warga DKI Jakarta mengeluhkan tak masuknya dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Pilkada DKI Jakarta 2012. Tak terkecuali Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Tjahjo Kumolo.

Tjahjo mengatakan, dalam keluarganya, hanya ia yang tidak terdaftar di DPT. Adapun seluruh anggota keluarga hingga supirnya tercatat di tempat pemungutan suara (TPS) 22 Kalibata, Jakarta Selatan. Padahal, Tjahjo memiliki KTP Jakarta. Bahkan, dia juga diundang ketika pencatatan KTP elektronik di Kelurahan.

"Staf saya menanyakan ke kelurahan, tapi dijawab tidak bisa dibantu karena tidak terdaftar. Menurut aturan yang ada, saya bisa langsung ke TPS dengan membawa kartu keluarga dan KTP. Tapi oleh petugas TPS dijawab tidak bisa karena tidak terdaftar. Saya protes tadi," kata Tjahjo di Jakarta, Rabu (11/7/2012).

Anggota Komisi I DPR itu mendesak agar KPU DKI Jakarta memperbaiki DPT jika ada putaran kedua nantinya. "Apapun hak politik warga untuk menyampaikan aspirasi politiknya. Pilkada ini harus jadi evaluasi KPU," pungkas dia.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menilai lucu tidak terdaftarnya Tjahjo dalam DPT. "Saya ketawa aja kok Pak Sekjen bisa enggak dapat. Nanti masalah DPT jangan ada lagi. Itu harus kita pantau," kata Megawati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com