Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabung Elpiji Meledak, Rumah Konveksi Hancur

Kompas.com - 13/07/2012, 12:03 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Rumah yang dikontrak Nana Rukmana (40) di RT 5 RW 9 Kelurahan Pasir Layung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat, hancur berantakan, Jumat (13/7/2012) pagi. Penyebabnya, ledakan diduga dari kebocoran tabung elpiji berukuran 3 kilogram.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, kejadian berlangsung sekitar pukul 06.40 dan saat itu kondisi di sekitar rumah yang terletak di gang sempit dan sesak itu sedang lengang.

Ledakan menyebabkan genteng rumah Nana terpental ke udara dan memuntahkan isi rumah. Delapan orang yang ada di dalam rumah menjadi korban. Mereka adalah Nana, Nurhasanah (istri Nana), dan anak mereka yang masih berusia 5 tahun, Acha, serta lima pekerja konveksi bernama Asep, Didin, Hendra, Toni, dan Indra. Rumah tersebut memang difungsikan sebagai usaha konveksi oleh Nana.

Para korban dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Santo Yusuf yang berjarak kurang dari 4 kilometer. Nana dan Nur mengalami luka bakar serius dan lecet karena terkena serpihan kayu dan kaca dari dalam rumah.

"Kaca jendela dan serpihan kayu beterbangan ke halaman rumah kami. Untung sedang tidak ada orang di depan," kata Iim Ruhimat, tetangga Nana yang tepat di seberangnya.

Selain penghuni rumah, kejadian itu tidak memakan korban warga sekitar. Yang ada adalah kerusakan atap rumah di samping kiri dan kanan karena mereka berbagi atap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com