Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Cilincing-Cibitung Dimulai Desember

Kompas.com - 16/07/2012, 14:31 WIB
Madina Nusrat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tol E1 Semper-Rorotan tak hanya akan disambung ke Tol E2 Cilincing, tetapi jg akan disambung ke Cibitung dalam proyek Tol Cilincing-Cibitung. Proyek pembangunan Tol Cilincing-Cibitung ini ditargetkan akan dilaksanakan pada Desember 2012.

Di sela sosialisasi pembangunan Tol Cilincing-Cibitung di Kelurahan Marunda, Senin (16/7/2012), Sekretaris Kota Jakarta Utara Tri Kurniadi mengatakan, saat ini sedang dilaksanakan sosialisasi proyek pembangunan kepada warga yang kemungkinan lahan atau rumahnuya digusur untuk pembangunan proyek itu.

Setidaknya, dibutuhkan areal selebar 40 meter dari bahu jalan dengan panjang 3 kilometer. "Ini baru pengenalan proyek. Jadi belum ada pembicaraan luas lahan yang akan dibebaskan, dan harga untuk pembebasan lahan," jelas Tri Kurniadi.

Menurut Tri, proyek pembangunan jalan tol ini sepenuhnya dibiayai Kementerian Pekerjaan Umum, termasuk untuk biaya pembebasan lahan. Pemerintah Kota Jakarta Utara hanya membantu memfasilitasi Kementeriaan PU untuk bertemu dengan warga.

Menurut salah seorang warga, Waryono (28), pihaknya berharap pemerintah bisa memberikan harga pembebasan lahan yang adil. Sementara ini, nilai jual obyek pajak (NJOP) di kawasan Cilincing berkisar Rp 700.000 sampai Rp 1,5 juta per meter persegi.

"Saya sendiri juga belum tahu, apakah rumah saya kena pembebasan lahan atau tidak. Makanya mengikuti sosialisasi ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com