Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah di Jakarta Libur pada Awal Ramadhan

Kompas.com - 17/07/2012, 10:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang bulan suci Ramadhan, Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan meliburkan kegiatan belajar-mengajar di sekolah-sekolah di Jakarta pada awal Ramadhan, yakni pada Jumat (20/7/2012).

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengatakan, libur awal Ramadhan dimaksudkan agar siswa dapat beradaptasi sebelum masuk kembali pada Senin (23/7/2012). Ia mengatakan, selama bulan puasa, ada penyesuaian jam belajar di sekolah-sekolah. Selama Ramadhan, setiap jam pelajaran sekolah akan dipotong 5-10 menit.

Misalnya, jam pelajaran untuk siswa SD yang semula 40 menit tiap mata pelajaran menjadi 30 menit per mata pelajaran. Adapun jam pelajaran siswa SMP dan SMA yang semula rata-rata 45 menit dikurangi menjadi 35 menit.

"Kegiatan belajar-mengajar berlangsung dari pukul 06.30-12.15 bagi sekolah yang masuk enam hari dalam seminggu. Sekolah petang dari pukul 10.15-16.00 WIB. Sekolah yang masuk lima hari dalam seminggu dari pukul 06.30-13.30 WIB dan yang petang dari pukul 09.00-16.30 WIB," ujar Taufik, Selasa (17/7/2012).

Taufik menambahkan, selama Ramadhan tidak ada perubahan jam masuk. Yang ada hanya perubahan jam saat pulang sekolah. "Habis sahur, shalat subuh, langsung berangkat sekolah. Pulangnya lebih cepat dari biasanya. Saya harap puasa ini tidak jadi alasan siswa untuk malas-malasan," katanya.

Adapun untuk libur Lebaran, para siswa akan menikmati masa liburan enam hari sebelum hingga enam hari setelah hari raya Idul Fitri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com