Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Carrefour, Demo Buruh Berlanjut ke Kemennakertrans

Kompas.com - 18/07/2012, 23:02 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah berunjuk rasa di Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) mengalihkan aksi mereka ke Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemennakertrans) di Jalan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan.

Mereka menuntut kelayakan upah dan penghapusan sistem kerja tenaga luar (outsourcing). Aksi yang berlangsung sejak sekitar pukul 11.00 hingga pukul 15.15 di Carrefour, Lebak Bulus, Rabu (18/7/2012) itu sempat diwarnai penutupan jalan raya di depan Poins Square, Lebak Bulus.

"Kami arahkan mereka untuk melakukan aksi di Kemennakertrans," kata Wakil Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Sungkono.

Para pekerja yang berdemo kemudian meninggalkan lokasi unjuk rasa di Lebak Bulus, yang berimbas pada kemacetan parah di wilayah Jakarta Selatan hingga malam hari.

Seakan tidak merasa lelah dan jenuh, sejak sore hingga pukul 22.00, saat berita ini ditulis, para demonstran tak kunjung beringsut dari kantor Kemennakertrans.

Menurut Ahmad, Koordinator Aksi KASBI, para pekerja sudah sering diberikan janji-janji terkait tuntutan mereka, baik dalam forum resmi, maupun dalam dialog saat berdemonstrasi.

"Tapi sampai sekarang tidak ada perubahan. Kami siap melakukan aksi lebih besar dan menutup fasilitas publik lainnya, jika tuntutan kami tetap dipandang sebelah mata," tandas Ahmad.

Pihak kepolisian yang mengawal aksi demo buruh terlihat sudah menjalani pergantian tim. Namun, demonstran yang berjumlah sekitar 300 orang itu belum menunjukkan tanda-tanda untuk munndur dari tuntutan mereka.

Meski demikian, aksi kali ini tidak terlalu mengganggu para pengguna jalan, sebagaimana yang terjadi di Lebak Bulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com