Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Toko Merah Lahir Kembali

Kompas.com - 19/07/2012, 09:14 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gedung bersejarah Toko Merah di Jalan Kali Besar 11, Kelurahan Roa Malaka, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, semalam kembali diresmikan. Gedung yang berdiri sejak 1730 itu akan dijadikan gedung serbaguna oleh PT Pusat Perdagangan Indonesia (PPI) bekerja sama dengan pihak Kota Tua di bawah kewenangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Bangunan ini rencananya akan dijadikan tempat-tempat, seperti acara seremonial, acara pariwisata, wedding, dan lain-lain," kata Camat Tambora, Isnawa Adji, kepada Kompas.com, Rabu (18/7/2012) malam.

Isnawa mengatakan, bangunan yang sangat bersejarah itu telah direnovasi hampir 30 persen tanpa menghilangkan keaslian bangunan. Bangunan tersebut disebut Toko Merah karena terdiri dari susunan bata-bata merah yang pada zaman pemerintahan Belanda dijadikan pusat perdagangan karena para saudagar melintasi Kali Besar untuk transportasi.

"Saya berharap dengan dilahirkannya kembali Toko Merah ini dapat menyentuh bangunan-bangunan bersejarah lainnya di kawasan Kota Tua," ujarnya.

Mengenai pemugaran bangunan bersejarah itu, Robert Tambunan, Manajer Pengelola Aset PT PPI, mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemugaran selama enam bulan. Pemugaran memfokuskan bangunan di saluran air, listrik, dan pembaruan toilet.

"Biaya pemugaran belum kami rincikan karena masih terus dalam tahap renovasi, dan untuk sewa bangunan ini nantinya kami akan rembukan kembali bersama pihak-pihak terkait," kata Robert.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com