Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kepulauan Seribu, Jokowi-Ahok Ditumbangkan Alex-Nono

Kompas.com - 19/07/2012, 17:14 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perolehan suara Kepulauan Seribu menunjukkan hasil yang berbeda. Pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama harus rela kalah dari pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono.

"Jumlah pemilih di Kepulauan Seribu pada 11 Juli lalu tercatat 16.304. Namun hanya 12.503 yang memilih," kata Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pencalonan KPU Provinsi DKI Jakarta, Jamaluddin F Hasyim, saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada DKI Jakarta di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (19/7/2012).

Berdasarkan hasil penghitungan suara di tingkat provinsi, pasangan Jokowi-Ahok terpuruk di posisi ketiga dengan jumlah perolehan suara 1.273. Sementara pasangan Alex-Nono ada di posisi kedua dengan perolehan suara sebanyak 3.010.

"Pemenang di Kepulauan Seribu adalah pasangan nomor urut satu yaitu Foke-Nara dengan 6.916," ujar Jamaluddin.

Bahkan perolehan suara Foke-Nara di Kepulauan Seribu ini mampu melampaui golput yang hanya berjumlah 3.801. Hal ini cukup menggembirakan mengingat di lima wilayah, golput selalu menang daripada perolehan suara para pasangan calon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com