Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi-Fauzi Siap Bertarung

Kompas.com - 20/07/2012, 03:05 WIB

Jakarta, Kompas - Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli siap bertarung di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. Rekapitulasi perolehan suara di tingkat provinsi memastikan mereka menempati posisi pertama dan kedua serta tidak ada yang melebihi 50 persen.

Jokowi-Basuki mengantongi 1.847.157 suara (42,6 persen), sedangkan Fauzi-Nachrowi mendapatkan 1.476.648 suara (34,05 persen).

”Pasangan nomor 3, Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama, memperoleh suara tertinggi di antara lima calon lainnya,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Dahliah Umar saat rapat pleno, Kamis (19/7).

Pemilih yang terdata dalam daftar pemilih tetap berjumlah 6.962.348 orang. Adapun yang menggunakan hak pilih hanya 4.429.533 orang (63,62 persen). Ada 36,38 persen pemilih yang tidak memakai hak pilih.

Hasil rekapitulasi KPU DKI ini juga sangat mendekati hasil hitung cepat yang dilakukan Litbang Kompas (lihat Grafis).

Perhatikan perempuan

Jokowi kepada Kompas mengatakan, suara yang diperolehnya merupakan tanda adanya kepercayaan warga Jakarta kepada dirinya dan Basuki.

Selama ini, pihaknya mengandalkan penyampaian program, solusi, visi, dan misi. Untuk putaran kedua, ia menyerahkan sepenuhnya kepada warga.

”Meskipun kami pernah menerima kampanye hitam dengan isu agama, suku, kedaerahan, etnis, hingga politik uang, terbukti tidak mempan. Hal ini karena warga sudah cerdas dan rasional memilih pemimpinnya, mana yang kira-kira cocok, mana yang tidak,” kata Jokowi.

Selanjutnya, kata Jokowi, ia akan menerapkan strategi kombinasi ”umpan panjang dan pendek”. Namun, dia belum menjelaskan detail strateginya itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com