Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Es Buah dari Timun Suri, Cocok untuk Pelengkap Berbuka Puasa

Kompas.com - 20/07/2012, 18:00 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat Ramadhan, hidangan pelengkap seperti es buah banyak diminati umat Islam yang sedang menjalani ibadah puasa. Salah satu buah yang menjadi pilihan utama masyarakat adalah timun suri. Hal ini tak lepas dari rasa timun suri yang menyegarkan.

Selama Ramadhan, timur suri mudah dijumpai di sejumlah pelosok tempat di Jakarta. Pantauan Kompas.com pada Jumat (20/7/2012), pedagang timun suri terlihat menjajakan timun suri di pinggir jalan di Kalimalang, Jatinegara, Jakarta Timur. 

Widodo (50), pedagang timun suri di Jatinegara, menuturkan, permintaan buah tersebut meningkat selama Ramadhan. Menurut dia, timun suri kerap diolah menjadi es buah. "Bisa juga di campur sama buah blewa. Kan, banyak nanti yang mencari buah-buahan segar buat buka puasa," ujar Widodo, Jumat.

Untuk harga, pria yang sudah berjualan selama 14 tahun itu mengatakan, timun suri biasa dipatok Rp 6.000 per kilogram. Adapun harga buah blewah, sambungnya, dipatok Rp 7.000 per kilogram. Menurut dia, rata-rata laba bersih yang bisa didapatnya per tahun lebih dari Rp 1 juta per minggu.

Sementara itu, tidak jauh dari tempat Widodo berjualan, Yadi (39), pedagang timun suri lainnya, dirinya memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dengan berjualan timun suri.

"Jadi pas bulan puasa saja. Soalnya, banyak orang yang mau bikin es buah. Timun suri juga bisa dibuat rujak. Kalau untungnya, ya alhamdulillah sih, lumayan," ujar Yadi. Pada Ramadhan 2011, Yadi mengaku bisa meraup untung Rp 1 juta dalam waktu tiga hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com