Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyediaan Daging Sapi Selama Ramadhan Mengalami Surplus

Kompas.com - 24/07/2012, 18:57 WIB
Dimasyq Ozal

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian RI memastikan ketersediaan daging sapi selama Ramadhan atau Juli-Agustus tetap aman. Penyediaan daging sapi bahkan diperkirakan surplus atau melebihi jumlah permintaan masyarakat.

 

"Penyediaan daging sapi periode puasa dan lebaran Juli-Agustus diperkirakan surplus 16.580 ton dari kebutuhan sebanyak 83.754 ton," kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Syukur Iwantoro di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa ( 24/7/2012 ).

 

Sementara itu, Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengatakan, harga daging sapi pada minggu ini juga sudah mulai stabil bahkan cenderung menurun. Begitupun juga dengan harga daging ayam dan telur.

 

"Kenaikan awalnya dirasakan saat awal-awal puasa, sekarang pada minggu ini sudah mulai stabil bahkan menurun. Di hari puasa ini harga daging sapi masih stabil sekitar Rp 78.000-Rp 79.000. Kita mempersiapkan suplainya lebih terorganisir," tuturnya.

 

Namun, data Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kemenpan RI menyatakan, total kebutuhan daging sapi hingga akhir 2012 mencapai 484.000 ton, sementara persediaan produksi dagingnya hanya 399.000 ton. Itu artinya ada defisit sebanyak 85.000 ton daging.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com