Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekasi Siapkan 700 Sapi Konsumsi Cadangan

Kompas.com - 30/07/2012, 13:21 WIB

CIKARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyediakan sekitar 700 ekor sapi cadangan guna memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat setempat selama bulan Ramadhan.

"Sapi cadangan ini berasal dari Jawa Timur, Bali, Kupang, dan Nusa Tenggara Barat," ujar Kepala Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Kabupaten Bekasi, Agus Trihono, di Bekasi, Senin (30/7/2012).

Menurut dia, permintaan daging sapi awal bulan Ramadhan mencapai 150 ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan konsumsi warga selama dua sampai tiga hari. Jumlah itu mengalami peningkatan yang signifikan bila dibandingkan kebutuhan di hari normal yang mencapai maksimal 15 ekor sapi per harinya.

"Dengan adanya tambahan ini, stok daging di Kabupaten Bekasi sepanjang puasa masih relatif aman. Namun kami tetap mengawasi peredaran daging sapi gelonggongan dan daging ayam berformalin yang berbahaya jika dikonsumsi," ujarnya.

Menurut dia, warga juga diimbau agar mewaspadai peredaran jenis daging tersebut di sejumlah pedagang. Cirinya, daging gelonggongan mengeluarkan banyak air dan berwarna pucat. Sementara ciri ayam berformalin tidak dikerumuni lalat.

"Sekarang harga daging sapi per kilogram sampai Rp80 ribu. Kenaikannya mencapai lima sampai tujuh persen. Jika ada harga yang lebih murah dari itu, wajib diwaspadai," katanya.

Masyarakat juga diimbau untuk teliti dengan daging yang akan dibeli, karena muncul dugaan adanya campuran daging celeng dengan daging sapi guna meraup untung lebih.

"Biasanya mereka (pedagang)menjual daging sapi yang dicampur daging celeng dengan harga murah," demikian Agus.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com