Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKL dan Parkir Liar di Depan Stasiun Jatinegara Ditertibkan

Kompas.com - 30/07/2012, 22:54 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pedagang kaki lima dan parkir liar yang berada di depan Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (30/7/2012) sore tadi ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) wilayah Jakarta Timur.

Operasi penertiban ini juga melibatkan Polsek Jatinegara dan Satuan Lalu Lintas wilayah Jakarta Timur.

Kepala Seksi Operasi dan Penegakan Hukum Sat Pol PP Jakarta Timur, Mawardi Z, yang ditemui di lokasi mengatakan, upaya ini dilakukan untuk menertibkan pedagang kaki lima dan parkir liar yang berada di lokasi.

"Ini kan sesuai dengan peraturan daerah nomor 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum. Jadi hari ini kita bergabung dengan pihak kepolisian, untuk menertibkan mereka, supaya jangan sampai mengganggu jalan, agar tidak terjadi penyempitan. Jalan itu kan harus maksimal," ujar Mawardi.

Menurutnya, memasuki bulan Ramadhan ini, pelanggaran oleh para pedagang yang menjajakan dagangannya dipinggiran jalan marak terjadi.

"Biasanya palanggaran meningkat memasuki Lebaran, tadinya dagang di toko sekarang malah turun di jalan. Tadi itu sudah kami beri pemahaman dan mereka mau mengikuti peraturan," ujar Mawardi.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Jakarta Timur, AKBP Supoyo, menuturkan, dalam operasi tersebut, pihaknya bersama Sat Pol PP Jakarta Timur, melakukan penertiban di depan Stasiun Jatinegara, untuk memastikan kelancaran lalu lintas di daerah tersebut.

"Tadi itu kami mengawasi kelancaran lalu lintasnya. Sifatnya juga persuasif. Karena pedagang berjualan di pinggir jalan itu kan mengganggu lalulintas, bus-bus besar yang melewati jalan jadi sulit karena sempit jalurnya," ujar Supoyo.

Sementara itu, dari pantauan, para pedagang di lokasi bergegas mengepak tenda dan gerobak dagangan mereka. Puluhan pedagang yang tadinya berjualan di pinggir-pinggir jalan kemudian meninggalkan lokasi yang ditertibkan itu. Operasi ini sendiri untuk mengurangi kemacetan akibat penyempitan jalan oleh para pedagang kaki lima dan parkir liar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com