Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Komentar Jokowi Tentang Sindiran Foke

Kompas.com - 09/08/2012, 12:46 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Petahana Fauzi Bowo kembali mengeluarkan pernyataan yang kontroversial dan menyindir pesaingnya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 yaitu Joko Widodo. Menanggapi hal ini, Jokowi hanya tertawa saja.

"Iya saya sudah lihat itu videonya semalam. Ya sebenarnya harus bijak ya. Itu kan dalam kondisi kesusahan. Harusnya segera diberikan bantuan," kata Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (9/8/2012).

Ketika ditanya langkah selanjutnya, ia memilih untuk menyerahkan kembali kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta. Ia juga tidak mau membesar-besarkan pernyataan rivalnya di hadapan para korban kebakaran Karet Tengsin tersebut.

"Sudah serahkan saja urusannya pada Panwaslu. Mereka kan yang ngawasin," ujar Jokowi.

Dihubungi terpisah, Koordinator Komunikasi & Media Center Tim Kampanye Jokowi-Basuki, Budi Purnomo Karjodihardjo, mengatakan bahwa pihaknya belum terpikir untuk melapor ke Panwaslu DKI Jakarta.

"Kami belum terpikir untuk ke sana. Mungkin Panwaslu juga sudah melihat video ini, jadi bisa konfirmasi juga kepada Panwaslu bagaimana komentarnya," ungkap Budi.

Budi juga tidak mau banyak berkomentar mengenai video tersebut. Menurutnya, penilaian ada pada warga Jakarta sendiri mengingat warga Jakarta adalah warga yang sudah sangat rasional, cerdas, dan pintar.

Diberitakan sebelumnya, petahana Fauzi Bowo melontarkan pernyataan yang menyindir Wali Kota Solo, Joko Widodo, saat berkunjung ke lokasi pengungsian korban kebakaran Kalimati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Selasa (7/8/2012).

Sindiran sang Gubernur yang kembali maju dalam Pilkada DKI Jakarta putaran kedua ini bahkan terekam kamera video salah satu televisi swasta. Video tersebut juga diunggah ke YouTube dan memancing komentar warga.

Di dalam video berjudul "Kunjungi Warga Karet Tengsin (musibah kebakaran, foke justru berkampanye)" itu, Foke bertanya kepada warga perihal pilihan warga dalam Pilkada DKI putaran kedua. "Sekarang lo nyolok siapa? Kalo nyolok Jokowi, mending mah bangun di Solo aja," kata Foke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com