Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota DPR Tinjau Stasiun KA Cirebon

Kompas.com - 09/08/2012, 17:30 WIB
Rini Kustiasih

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com- PT Kereta Api Indonesia (Persero) dinilai belum siap dalam menghadapi arus mudik kali ini. Hal itu dikemukakan oleh Ketua Rombongan Komisi V DPR Nusyirwan Soejono saat berkunjung ke Stasiun Cirebon, Jawa Barat, Kamis (9/8/2012).

Rombongan anggota Komisi V DPR sebelumnya meninjau kelancaran dan kesiapan jalur Pantura sejak Rabu (8/8/2012). Dalam kunjungan ke Stasiun Cirebon, anggota DPR antara lain menyoroti soal tarif kereta api yang harganya naik dari harga normal.

Direktur Sarana PT KAI Rono Pradipto mengatakan, tidak ada kenaikan yang signifikan atau melebihi batas dalam harga tiket Lebaran. "Kami tetap menggunakan batas atas dan batas bawah untuk tarif kereta api Lebaran," katanya.

Namun, ketika anggota DPR menanyakan lebih detail berapa tarif batas atas dan batas bawah itu, Rono tidak menjawab dengan jelas. "Dari segi laporan, kami belum memperoleh gambaran lengkap, paparan dan presentasi tadi masih kabur," kata Nusyirwan.

Dalam pertemuan itu, PT KAI memberikan pelayanan tambahan kepada pengguna dalam masa Lebaran ini. Salah satunya ialah pengadaan Customer Service Area di stasiun dan Customer Service on Train di atas kereta api. "Tujuannya agar segala keperluan pengguna kereta api bisa terlayani, antara lain untuk membangunkan pemudik saat akan tiba di stasiun tujuan, atau memberikan informasi soal wilayah yang akan ditujunya," kata Rono.

Setelah mendengar laporan dari PT KAI, rombongan anggota DPR itu melanjutkan perjalanan ke Stasiun Semarang Tawang dengan menggunakan kereta api. Kunjungan kerja itu dijdwalkan sampai dengan tanggal 10 Agustus 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com