Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelengkapan Keselamatan Penumpang Diawasi

Kompas.com - 10/08/2012, 16:01 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com — Memasuki masa arus mudik Lebaran, Kantor Administrasi Pelabuhan Merauke membentuk tim untuk mengawasi kelengkapan keselamatan di kapal penumpang.

Administratur Pelabuhan (Adpel) Merauke Hengky Mainassy di Merauke, Jumat (10/8/2012), menuturkan, Adpel Merauke telah bersiap menghadapi lonjakan penumpang kapal selama mudik dan arus balik Lebaran mulai H-15 hingga H+15. Menurut Hengky, terjadi kenaikan jumlah penumpang kapal selama masa mudik Lebaran, tetapi tidak terlalu mencolok. Pihaknya menyiapkan tim untuk mengawasi kelengkapan keselamatan penumpang di setiap kapal.

Sementara itu, PT Pelni menjamin kelengkapan keselamatan penumpang, seperti pelampung dan sekoci. Kepala Cabang PT Pelni Merauke Nelson Idris memastikan, kelengkapan pelampung dan sekoci di setiap kapal telah sesuai dengan standar keselamatan.

Untuk melayani penumpang mudik Lebaran, kata Nelson, PT Pelni Merauke menyiapkan dua kapal penumpang, yakni KM Kelimutu dan KM Tatamailau. KM Kelimutu telah diberangkatkan pada Sabtu (4/8/2012), antara lain tujuan ke Agats, Timika, Tual, Ambon, Bau-Bau, Makassar, Bima, dan tujuan akhir Surabaya.

Sementara itu, KM Tatamailau dijadwalkan tiba di Pelabuhan Merauke pada 14 Agustus dan diberangkatkan lagi pada tanggal yang sama. KM Tatamailau dengan tujuan Agats, Timika, Tual, Kaimana, Fakfak, Sorong, dan Bitung PP, diperkirakan akan mengangkut penumpang tiba dan berangkat hingga 1.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com