Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke : Ini Rp 500.000, Nanti Makanannya Dibagi-bagi ya...

Kompas.com - 17/08/2012, 09:44 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta yang juga calon petahana, Fauzi Bowo, kemarin mengunjungi tempat pembuatan dodol di Condet, Jakarta Timur. Namun, ada satu hal yang menarik, sebelum tiba di rumah tersebut, pria yang akrab disapa Foke itu langsung memborong makanan untuk berbuka puasa (takjil) yang dijual salah seorang pedagang di samping rumah Hj Mamas, dengan uang sebesar Rp 500.000. Takjil tersebut kemudian dibagikannya kepada para warga setempat yang sedang menunggu berbuka puasa.

"Berapaan nih? Saya borong deh. Ini Rp 500.000, nanti makanannya dibagi-bagi sama warga yah," kata Foke kepada penjual takjil, Emi, di Condet, Jakarta, Kamis, (16/7/2012).

Usai memborong takjil, Foke langsung mengunjungi tempat pembuatan dodol Betawi yang terkenal di Condet. "Ini dodol merupakan budaya Betawi juga," kata Foke sambil mengaduk-ngaduk dodol yang sedang dimasak.

Calon incumbent di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta ini membantah jika kunjungannya ke tempat pembuatan dodol itu disebut sebagai kampanye terselubung. "Siapa bilang saya kampanye? Saya kemari hanya berkunjung saja," katanya.

Terkait kegiatannya yang 'gemar' memborong takjil ini memang bukan untuk yang pertama kalinya Foke lakukan. Misalnya, sebelumnya, di kawasan Kebon Jeruk dan Jalan Tambak Pegangsaan. Pada hari Selasa (24/7/2012) lalu, seusai mengikuti shalat Ashar di Masjid Alawiyah Srenseng, Foke menyempatkan waktu berbuka puasa bersama warga dan jamaah Masjid At-Taubah di Jalan Anggrek, Kelurahan Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Sebelum tiba di Masjid At-Taubah, Foke menyambangi para penjual takjil di pertigaan Jalan Anggrek. Foke pun memborong sejumlah takjil yang kemudian dibagi-bagikan kepada para warga sekitar yang hendak berbuka puasa beserta para anak jalanan. Di antaranya, minuman cocktail dan kue jajanan berbuka. Saat itu, ia mengatakan, keberadaan para penjual ta'jil merupakan bukti bahwa ekonomi masyarakat di tingkat grassroot juga tumbuh, tidak hanya mereka yang di atas saja.

Hari berikutnya, Rabu (25/7/2012), Foke kembali memborong takjil di daerah pinggir rel Jalan Tambak, Pegangsaan, Jakarta Pusat. Di sela berkeliling menyapa para pedagang, pria yang akrab dipanggil Foke ini memberikan sejumlah uang ke pedagang. Saat itu, Foke mampir di sebuah warung sembako yang juga menjual takjil untuk menyapa penjualnya. Kemudian ia memberikan uang sebesar Rp 500.000 kepada pedagang warung tersebut.

"Ini saya titip kepada ibu agar dibagi sama yang lainnya. Tolong dagangan (takjil) ibu diberikan kepada warga yang membutuhkannya," kata Foke di pinggiran rel kawasan Jalan Tambak, Jakarta, Rabu (25/7/2012), lalu. Kejadian itu sontak membuat warga setempat senang dan seraya berteriak, "Hidup Foke!"

Tidak berhenti di situ. Setelah itu, Foke juga sempat digoda oleh ibu paruh baya yang berjualan gorengan dan takjil agar meminta Foke memborong barang dagangannya. "Ayo dong Pak Foke, borong dagangan saya," ujar pedagang gorengan tersebut. Permintaan ibu itu pun dipenuhi. Foke kembali mengeluarkan uang sebesar Rp 500.000 dan memberikannya kepada ibu itu.

"Saya kasih uang ini untuk membeli semua makanan di sini. Tolong dibagi sama warga lainnya supaya bisa berbuka puasa dengan baik," ujarnya sambil tersenyum.

Warga kembali antusias dan berebut mendapatkan makanan dagangan ibu itu secara gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com