Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Dinikmati Bersama

Kompas.com - 18/08/2012, 05:41 WIB

MAGELANG, KOMPAS - Memasuki musim libur Lebaran Idul Fitri, hotel dan tempat wisata mulai menampakkan kesibukan melayani wisatawan. Libur bersama sekitar sepekan ini tidak hanya dinikmati kaum Muslim, tetapi juga masyarakat secara umum.

Menurut pantauan KamisJumat (17/8), pengunjung dari berbagai kalangan mulai mengalir mendatangi hotel-hotel di Kota Magelang, Jawa Tengah, termasuk Candi Borobudur di Kabupaten Magelang. Masyarakat pemudik ini diperkirakan masih akan ramai berdatangan hingga sepekan mendatang.

Pemudik sudah mulai datang dan menginap di sejumlah hotel. Front Office Manager Hotel Trio di Kota Magelang, Herman Kristanto, mengatakan, saat ini tamu-tamu yang merupakan rombongan keluarga sudah mulai berdatangan. Hal itu membuat tingkat hunian hotel yang pada bulan puasa hanya 30 persen meningkat mencapai 50 persen.

Semakin mendekati hari raya Lebaran, tingkat okupansi diperkirakan akan terus naik.

”Khusus untuk tanggal 18-23 Agustus semua kamar hotel kami bahkan telah habis dipesan oleh para tamu yang akan datang menginap,” ujarnya. Hotel Trio memiliki 71 kamar.

Rata-rata tamu hotel akan menghabiskan waktu menginap di sini selama tiga hari. Sekitar 70 persen tamu yang telah memesan kamar berasal dari Jakarta, dan 30 persen lainnya berasal dari kota-kota lain, seperti Bandung dan Surabaya.

Grand Artos Aerowisata Hotel & Convention di Kecamatan Mertoyudan, Magelang, yang baru dibuka beberapa hari lalu juga telah banyak menerima pesanan kamar. Dari 107 kamar yang telah siap, pada Rabu (15/8) sebanyak 52 kamar telah dipesan.

”Karena Magelang adalah daerah di wilayah yang menjadi perlintasan pemudik, semua kamar di Grand Artos Aerowisata Hotel pasti akan segera penuh untuk melayani tamu-tamu walk in atau yang datang menginap tanpa memesan kamar terlebih dulu,” kata General Manager Corporate Sales and Marketing Aerowisata Hotels & Resorts Benny Adrian.

Sementara itu, Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur Bambang Irianto mengatakan, jumlah wisatawan yang datang ke Candi Borobudur sudah mulai meningkat sejak Rabu (15/8). Jika pada hari-hari sebelumnya di bulan puasa hanya berkisar 2.000 orang per hari, pada Rabu hingga Kamis jumlah pengunjung telah meningkat mencapai 3.000 orang per hari.

Dalam musim liburan Lebaran ini, harga tiket pengunjung Candi Borobudur tidak dinaikkan. Sama seperti hari-hari biasa, harga tiket untuk wisatawan domestik dewasa Rp 30.000 per orang, dan wisatawan anak Rp 12.500 per anak. Harga tiket untuk wisatawan asing dewasa adalah 20 dollar AS dan wisatawan asing anak 10 dollar AS.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com