Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Nama Fauzi Bowo di Kartu Pelajar SMK

Kompas.com - 19/08/2012, 22:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang Pilkada Jakarta putaran kedua, Kartu Gratis Wajib Belajar 12 Tahun dibagikan pada siswa SMKN 37 Jakarta, Jumat (17/8/2012) setelah upacara peringatan kemerdekaan RI. Kartu ini berlaku sebagai kartu pelajar baru, menggantikan kartu pelajar keluaran sebelumnya.

Berbeda dengan kartu pelajar lama, di satu sisi kartu pelajar baru tertera tulisan "Dicanangkan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta DR. Ing. H. Fauzi Bowo pada Hardiknas 2012."

"Tulisan dominan kapital, berwarna biru (di antara tulisan yang yang berwarna hitam), diposisikan di bagian tengah," ungkap Burhani Ash-shiddiqi dalam salah satu tulisan reportase warga di Kompasiana.

Pada versi kartu pelajar SMKN 37 sebelumnya, sisi ini mencantumkan 5 butir janji siswa yang merupakan pegangan untuk menjadi siswa yang baik. Penggantian kartu pelajar ini menyusul pemberitahuan pihak SMKN 37 dua minggu sebelumnya tentang pembebasan biaya SPP.

"Pembebasan biaya SPP di sekolah adikku ini mulai diberlakukan pada bulan ini sesuai dengan sosialisasi yang dilakukan pihak sekolah pada tanggal 4 Agustus 2012," tambah Burhan.

Pembagian Kartu Gratis Wajib Belajar 12 Tahun bagi sekolah-sekolah negeri di ibu kota telah dimulai sejak Fauzi Bowo secara simbolis menyerahkan kartu tersebut pada siswa SMKN 13, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (1/8/2012). Seperti yang tertera di kartu pelajar baru, Program Gratis Wajib Belajar 12 dicanangkan Gubernur DKI pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, tiga bulan sebelum pembebasan biaya SPP diberlakukan. (Robert Januar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com