Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan "Pintar" di Planetarium Yogyakarta

Kompas.com - 20/08/2012, 11:44 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Taman Pintar Yogyakarta memiliki wahana baru. Planetarium, namanya. Wahana ini dibuka selama sepekan untuk umum dalam rangka Lebaran.

Pengelola membuka kesempatan ini untuk mengetahui respon masyarakat terhadap wahana baru di tempat wisata edukasi tersebut. Meski masih berstatus uji coba, pengelola mengatakan wahana ini bisa dinikmati sepenuhnya selama seminggu.

"Meskipun belum diluncurkan secara resmi, tetapi pengunjung sudah bisa menikmati wahana baru Planetarium yang ada di ’playground’ selama satu pekan saat libur Lebaran," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yogyakarta Ita Rustanti di Yogyakarta, Sabtu (18/8/2012).

Selama sepekan itu, Ita berharap pengunjung memberikan respon dan masukan sehingga pengelola bisa memperbaikinya sebelum dibuka secara resmi. Rencananya, setelah sepekan dibuka saat Lebaran, pengelola akan menutup sementara wahana ini untuk melakukan perbaikan.

Saat peresmiannya nanti setelah Lebaran atau pada bulan September, pengelola berharap bisa mengundang Menteri Pendidikan Nasional M Nuh dan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti secara langsung.

Untuk masuk ke planetarium, pengunjung cukup membayar tiket Rp 15.000 per orang. Masing-masing pengunjung bisa berada di dalam planetarium untuk melihat gugusan bintang dan galaksi selama sekitar 30 menit.

Untuk menghadapi libur Lebaran, Taman Pintar bersiap dengan memperbaiki alat-alat peraga dan menambah pemandu. Pasalnya, hampir 70 persen dari alat peraga di Taman Pintar memiliki komponen elektronik. Oleh karena itu, jika terjadi kerusakan harus segera dilakukan perbaikan.

Selain itu, lanjutnya, Taman Pintar juga menjaga ketersediaan bahan baku penunjang alat peraga seperti keperluan untuk membatik atau membuat gerabah.

"Jangan sampai kami kehabisan bahan baku saat ada pengunjung yang ingin membuat batik atau gerabah," ungkapnya.

Pada hari Lebaran, Taman Pintar akan buka mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB selanjutnya akan buka secara normal.

Mengedukasi anak-anak

Planetarium di Taman Pintar ini merupakan planetarium keempat di Indonesia, namun merupakan planetarium pertama yang menggunakan proyektor digital sehingga wahana berkapasitas 50 orang ini akan memudahkan pengelola untuk mengganti materi pelajaran tentang tata surya.

Oleh karena itu, Ita berharap kehadiran planetarium ini bisa semakin memotivasi anak-anak untuk mengenal dan mempelajari sistem tata surya.

"Nantinya, wawasan pikiran mereka pun akan semakin terbuka dan mereka bisa memiliki cita-cita yang tinggi. Misalnya saja menjadi astronot," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com