Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Daerah Rawan Kecelakaan

Kompas.com - 23/08/2012, 01:50 WIB

Jakarta, Kompas - Pengemudi harus lebih berhati-hati dan menjaga kondisi fisik serta kedisiplinan berkendara dalam perjalanan arus balik. Potensi kecelakaan saat arus balik lebih besar karena volume kendaraan yang tinggi dan arus lalu lintas yang semakin padat.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri setidaknya sudah memetakan 11 daerah rawan kecelakaan, di antaranya di Kabupaten Cirebon, Slawi, dan Kabupaten Sidoarjo. Daerah rawan di jalur selatan adalah Kabupaten Garut, Banyumas, dan Kabupaten Jember.

Selain itu, daerah rawan terpantau di jalur tengah di Kabupaten Majalengka, Boyolali, dan Kabupaten Jombang. Adapun di jalur alternatif, daerah rawan kecelakaan terpantau di Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Jember.

”Jumlah kecelakaan di daerah itu tertinggi di zonanya masing-masing,” kata Kepala Posko Operasi Ketupat Lebaran 2012 Korlantas Polri Komisaris Besar Kilat Purwoyudho di Jakarta, Rabu (22/8).

Kilat mengatakan, ada berbagai macam pemicu kecelakaan di daerah itu. Di daerah utara, penyebab utamanya adalah pengemudi mengantuk akibat jalan yang cenderung panjang, lurus, dan lebar. Hal ini membuat pengemudi lengah sehingga memicu kecelakaan lalu lintas.

Hingga H+1, kecelakaan di jalur utara mencapai 554 kasus dengan 83 orang meninggal dunia di sepanjang Pulau Jawa.

Di jalur selatan, jalur tengah, dan jalur alternatif, risikonya kurang lebih serupa. Di jalur ini jalan berkelok-kelok dan lebih sempit. Rambu lalu lintas dan penerangan jalan pada malam hari pun sangat minim. Akibatnya, bila pengguna jalan tidak berhati-hati, kecelakaan sangat mungkin terjadi. Di ketiga jalur ini, hingga H+1, tercatat 1.364 kasus kecelakaan dan mengakibatkan 172 orang meninggal dunia.

”Dengan kondisi kendaraan yang tidak sehat dan kemungkinan kendaraan melebihi muatan, risiko kecelakaan yang lebih besar ketimbang mudik bisa terjadi,” katanya.

Arus balik Lebaran lebih rawan kecelakaan, khususnya bagi pengguna sepeda motor. Penyebabnya pemudik yang kelelahan, arus lalu lintas yang semakin padat, dan kondisi kendaraan yang tidak sehat.

”Akan tetapi, faktor disiplin berkendaraan, minimnya rambu lalu lintas, hingga medan jalan yang belum terlalu dikenal pemudik juga bisa memicu kecelakaan,” kata Kilat Purwoyudho.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com