Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Kebetulan Itu di Tempat Kita Menang

Kompas.com - 24/08/2012, 19:04 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Joko Widodo meminta warga Jakarta tidak berprasangka buruk mengenai daerah-daerah yang menjadi korban kebakaran. Menurutnya, prasangka adanya keterkaitan antara lokasi kebakaran dengan Pilkada DKI, yang beredar melalui Blackberry Messenger, itu hanya kebetulan.

"Ya jangan berprasangkalah. Jangan berprasangka buruk, tidak baik. Meskipun ya yang kebakar itu kebetulan di tempat-tempat kita menang," kata Calon Gubernur DKI Jakarta itu di Jakarta, Jumat (24/8/2012) sore.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu meminta agar isu tersebut tidak diperpanjang. Dia pun enggan membahas isu tersebut. Sebab, kata dia, yang terpenting adalah fokus untuk mengatasi dan mencegah kebakaran besar kembali terjadi.

Jokowi pun meminta warga Jakarta untuk waspada terhadap kebakaran yang kerap terjadi. Ia mengimbau warga untuk selalu mengecek gasnya sebelum ke luar rumah. Selain itu, warga diminta memperhatikan regulator listrik.

Jika terjadi kebakaran, kata dia, masyarakat harus bisa menangani kebakaran agar tidak cepat menyebar, sebelum mobil pemadam kebakaran tiba. Dia pun mengaku memiliki kiat-kiat atau jurus mengatasi masalah kebakaran agar tidak menyebabkan kerugian yang besar.

"Karena di Jakarta pemadam kebakaran sulit menuju tempat kebakaran, maka harus ada jurus. Jurus belum bisa dibicarakan, akan keluar untuk waktu yang tepat," tuturnya.

Sementara Tim Kampanye Jokowi-Basuki, Rieke Dyah Pitaloka mengatakan, Jokowi akan fokus mengatasi maraknya kebakaran di Jakarta. Ia akan menemui warga-warga untuk sharing ide mengatasi masalah kebakaran ini. Salah satunya dengan menggunakan pawang Gemi yang diciptakan warga Solo. Alat tersebut merupakan alat yang bisa disiapkan pada pemukiman padat penduduk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com