Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kubu Foke-Nara Laporkan Iklan Kampanye Jokowi-Basuki

Kompas.com - 29/08/2012, 19:07 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim advokasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli melaporkan adanya iklan kampanye di luar jadwal pasangan calon Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta.

"Kami hadir di sini untuk melaporkan dugaan iklan kampanye terselubung. Kami juga memberikan barang bukti kepada Panwaslu untuk diproses," kata tim advokasi Foke-Nara, Zamakh Sari, seusai pelaporan di Kantor Panwaslu DKI, Jakarta, Rabu (29/8/2012).

Barang bukti yang diberikan oleh tim Foke-Nara adalah rekaman iklan di beberapa stasiun televisi swasta. Iklan berbau kampanye itu disiarkan oleh Trans 7, Metro TV, TV One, dan Trans TV, serentak pada 27 Agustus 2012.

Iklan tersebut, dikatakan oleh kubu Foke-Nara, adalah iklan yang tidak gentle. Iklan tersebut juga disebut dapat memberikan influence kepada masyarakat luas.

Mendukung hal itu, Sekretaris Tim Advokasi Foke-Nara, Dasril, menambahkan, pada masa kampanye Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua, tidak boleh ada iklan kampanye. Kampanye hanya untuk menajamkan visi dan misi pasangan calon.

Kubu Foke-Nara mengharapkan agar laporan tersebut dapat ditindak oleh Panwaslu sehingga tidak memunculkan praktik-praktik curang lainnya.

"Praktik yang curang ini harus dihentikan. Ketika nanti didapatkan seorang pemenang. Pemenang itu harus bermartabat dan transparan," kata Dasril.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com